Kamis, 14 Juni 2012

ucec


     Pelatihan  Kewirausahaan Bersama UCEC Bekerjasama Dengan Bank Mandiri

                        VIVA Ciputra Entreprenership
( Bagaimana entrepreur mengubah masa depan anda dan bangsa)
-Modal Uang----tanpa Entrepreneur = Bangkrut                                                                                                                          -Jangan Buka  usaha Sebab Uang                                                                                                                                                                  –Usaha +entrepreneur+ SUKSES
Salam Entrepreneurship :                                                                                                                                                - Ekonomi Sejahtra                      – Ekspresi diri                    – Empati sesama
                  3 OPSI Setelah LULUS:                                                                                                                                            -Pilih Pekerjaan                          –Kerja apa adanya                -pekerjaannya mencari pekerjaan
                                  APAKAH ANDA SETUJU?-                                                                                                                             - Generasi muda walaupun sarjana sekalipun tanpa kecakapan bisnis akan berkembang…..?                                -Menciptakan pekerjaan pada diri sendiri akan menghadapi kesulitan….?
APAKAH Entrepreneur Dapat Di Pelajari?                                                  –Saya ingin                      –semangat                                   –Percaya diri
Entrepreneur Seperti Apa ?                                                                                                                                     Mengubah Rongsokan Menjadi Emas                                                                                                                                                                    maksud fisolofi:     - kreatif dan dramatis         -penerimaan pasar            –pelipat gandaan sumber-sumber
3 Macam Entrepreneur                                                                                                                                                             - Necessity entreprereur(terpaksa)     -Replicative entrepreneur(copy)       - Innovative entrepreneur                   
PELUK BERAS                                                                                                                                                                                   1–Pemburu Peluang                                                                                                                                                            –Mencari dengan sungguh  -sungguh       –Kreatif         –Berani mengambil resiko yang di perhitungkan    2- Buruh peluang                                                                                                                                                                                 –ingin berhasil                –awas dan waspada                  –sengaja mencari                                                                                   3-Kreati f                                                                                                                                                                           -Produk/jasa                  –Promosi                   –Penjualan                -Pengelolaan                    -pelayanan                   
 4-Resiko                                                                                                                                                                                          –Perhitungkan              - Perkecil                      - Musnahkan                                                                                           
Ide Kreatif                                                                                                                                                                     = Ide berbeda              = ide lebih baik              =Bisa di pakai                       =banyak ide                                          =puny aide lebih baik                                          = Puny aide yang ber beda  
                                             ROD MAP            
                                                        SMART PURPOSE OF LIFE                                                                                                                               .                                                      ( Tujuan Hidup Yang Cerdas)
>Kita punya peta                                                                                                                                                                                  Kita semua sedang berjalan menuju masa depan, namun tidak banyak orang yang perduli.
APA PRINSIP ANDA ?                                                                                                                                                                                                                                   –Apa yang akan terjadi terjadilah (TERjadilah ikut arus)                                                                                                         –Sudah ada contoh baru akan mulai                                                                                                                                                - Saya ingin membangun impian masa depan dan bergerak menciptakannya
5 Hal Yang Di Takuti Orang                                                                                                                                                           Tua                 Miskin               Sakit-sakitan                    Tidak ada teman                      Masuk neraka                             - mana yang dapat anda hindari ?                                                                                                                                            -Mana yang bias kita lakukan ?
Tujuan & Peta jalan

Dengan Tujuan
Tanpa Tujuan
Dengan Peta
jalan
Pembangunan MasaDepan
Pemborosan
Tanpa Peta Jalan
“Pemimpi”
PAYAH
1, Miliki Tujuan           2, Mengetahui Posisi            3,membangun
-          Tujuan Cerdas
-          Khusus
-          Terukur
-          Dapat di capai
-          Realistis
-          Kerangka waktu
5 Tahun Ke Depan;                                                                                                                                                                               1, Ada di mana padsa tahun 2017?                                                                                                                                                            2, Apa yang di lakukan pada tahun 2017?                                                                                                                                                     3, Anda di kenal sebagai apa pada tahun 2017??                                                                                                                                     4, pendapatan berapa pada tahun 2017?                                                                                                                                 5,Bersama siapa-siapa pada tahun 2017 ?
Salah Paham tentang Entrepreneur                                                                                                                                          Berentrepreur sama dg berdagang                                                                                                                                                       - Belajar Entrepreur adaalah belajar membuat                                                                                                                                            – yang paling penting memulai bisnis adalah modal – Belajar entrepreneur adalah bersekolah materi   jurusan bisnis
  Tujuan Belajar                                                                                                                                    TO KNOW                  - TO DO (melakukan)                              -TO BE (menjadi)
   Mengapa Komunikasi D butuhkan :                                                                                                                              Ceritakan kepada rekan anda  sebuah pengalaman emtrepreneurship yang berkesan
PEMBICARA
PENDENGAR  
   -Kapan
-Fakta                    
 -siapa saja
-Apresiasi            
  -Apa yang terjadi
-Dorongan        
 -hikmah peristiwa

                                                                                                                                                                                                                                                                               Building Relation (sasaran)                                                                                                                                               Mampu membuka percakapan   
>Ter tariklah pada orang lain                                                                                                                                                                                                 Kata “SAYA” di gunakan       3,990   kali dalam 300 percakapan  
Kunci Sukses                                                                                                                                                                                       -FEATURES (bagian suatu produk ,jasa atau program yang Nampak)                                                                                        -ADVANTAGES (keunggulan suatu produk, akibat dari miliknya  Fieatures)                                                                                             -BENEFIT (manfaat yang di peroleh costumer)                     
features
Advantages
Benefites
Camera & vedio
Merekam saat penting
Memiliki dokumen pribadi yang suatu punya nilai
  
    PEMBUNUH KREATIVITAS                                                                                                                                                Tapi                                                                                                                                                                                                            –Idemu itu belum pernah di buat sebelumnya (nggak masuk akal)                                                                                         - Dari dulu kita begini, Idemu itu bukan kebiasaan kita                                                                                                                                –Idmu sih gampang, itu pasti sudah pernah di kerjakan orang lain,     percuma…………..
Berapa harga yang harus anda capai ?  kalo mau mahal harus ada IDE yg KREATIVITAS
Menumbuhkan Kreativitas                                                                                                                                                                     -TA- KU- TI- RU- KO                                                                                                                                                                                          (-tambah- kurang –tiru- ubah -kombinasi)                                                                                                                                                                                               .                                             


     Memancing kreativitas

Tambah
Kurang
Tiru
Ubah
Kombinasi
Produk/barang





Cara pembuatan





Cara promosi





Cara menjual





Cara mengelola





Cara memodali





Cara menangani





Cara konsumen












-Kemudahan           -harga         - pelayanan            - promosi            - point of sale
Dari mata turun ke dompet :                                                                                                                                                                       Perhatian--à    Minat-----à    Keputusan---à   Tindakan  
 IDENTIVIKASI PELUANG
A good idea comen from a  lot of ideas
 Bisnis creation                                                                                                                                                                  Tujuan bisnis adalah mencipta pelanggan                                                                                                                             -Pelanggal pasti untung                                                                                                                                                                   –Untung belum tentu punya pelanggan
*Sebuah bisnis lahir karna terdapat PELANGGAN                                                                                                     (masalah adalah suatu peluang yang besar)    ^^ Peluang harus di terjemahkan dengan angka ^ ^
3L                    Lahir      Lingkungan Latihan
Pelatihan                                                                                                                                                                       -Masalah Kebutuhan Peluang                                                                                                                                                        -Gagasan Bisnis yang bias didirikan karena:                                                                                                                                     –jaringan  keluarga                                                                                                                                                                               – jaringan teman                                                                                                                                                                                     – Keahlian Anda                                                                                                                                                                                                      – Hoby anda                                                                                                                                                                                    -  Kombinasi di atas
Pendekatan PELUANG  (Peluang jangan di cari tapi di CIPTA)

DEMAND Sudah jelas DEMAND Belum jelas
SUPPLY  Sudah jelas Opportunity Recognition Opportunity seeking
SUPPLY belum jelas Opportunity discovery Opportunity Creating


Peluang Bermula Dari Masalah
Bagaimana skor anda.             Apa yang harus anda lakukan
5  hal yang tidak di sukai :                                                                                                                                                                  –melakukan perjaan yang tidak kita sukai                                                                                                                                        –Bekerja bersama orang yang kita tidak sukai                                                                                                                                                - Berada di lokasi kerja yang kita tdak sukai                                                                                                                                           - Mendapatkan hasil yang kita tidak sukai
Cara menghindari 5 hal di atas :                                                                                                                                                     -Pendekatan PASSION ( hasrat,keinginan kuat)                                                                                                                            – Passion/hasrat ketika bekerja dan bermain atau social menjadi satu                                                                                                                           Contoh –Masak (kuliner) ,berkomunikasi,kerajinan tangan,dagang,mengukur,membantu,dunia anak-anak,trav eling,berkesenian,drama menulis.

Problemà prospekàkemungkinan solusi-à percobaan-à pengembangan produk
Langkahnya:
                                       Jembatan PSP (prospek, solusi, percobaan) 
Mengenal problem, lihat, dengar,cium,raba dan dan rasakan di sekelilingmu Dan duniamu dari”dari kaca mata” PSSION (hasrat)  dan identivikasi masalah atau problem yang bias di selesaikan.
PROSPEK                                                                                                                                                                      Identivikasi klompok pelanggan :                                                                                                                                          1,  Besar pasar: jumllah calon pelanggan (orang & rupiah) 2, Besar target pasar % (penjualan)
Kemungkinan solusi                                                                                                                                                                                                                                   – Mensurve dari costumer                                                                                                                                                                                              – Masalah costumer
STRUKTUR BIAYA DALAM BISNIS                                                                                                                     
Total biaya= biya tetap                    ,                     biaya variabel
Untung= pendapatan/ harga-total biaya                 
Biaya tetap:     produksi atau tdk produksi tetap bayar                                                                                                                                                                         Biaya variabel:   hanya bayar kalo produksi/jual                                                                                                                   Kedua biaya itu amat penting dalam bisnis      
UNTUNG = mau tung berapa ?      Harga=Biaya+0 untung =/- factor  X                                                                                                                 ‘         The X Factors ( bisa + atau - )
-1+1=2                            -1+10:2=6                         -(6+10):2=8 -6+10=  8        2        , 
Hitungan sederhana
Unit yang harus di jual= biaya tetap                                            ,                                       harga jua l-biaya variabel                                                    
*Persaingan :                      Pengandaan barang                                                                                                                                                                                                                                                                - Barang sama                           -Resiko dan sulit/mudah                                                                                                                                           -  Barang  pengganti                                                                                                                                                                * Pelanggan                                                                                                                                                                   – Kemampuan beli                                                                                                                                                                - Kebutuhan                                                  Rumus Keuntungan
  Sistem produksi baru laku baru bikin                                    contoh       Unit 1500                                                                              ,                         115-45                                                                         Bikin dulu baru jual   Unit 1500+(45x100)                                                                                                                                  .                                              115-45
Hal penting                                                                                                                                                               Lihat kondisi pasar, Apakah investasi yang anda keluarkan itu mudah tutup.                                                                                     – Dampak langsung terhadap penjualan                                                                                                                                                - Rendah biaya/ INVESTASI/biaya tetap (kalau kondisi pasar belum pasti)